Apel Gelar Pasukan Siaga Darurat Bencana Karhutla Kabupaten Tebo 2022 Libatkan Berbagai Instansi - Media Online : www.duasatu.net

Selasa, 28 Juni 2022

Apel Gelar Pasukan Siaga Darurat Bencana Karhutla Kabupaten Tebo 2022 Libatkan Berbagai Instansi

Inspeksi pasukan siaga darurat Karhutla Tebo 2022/foto: Ardi duasatu.net

TEBOJAMBI,DUASATU.NET- 
Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tebo apel gelar pasukan siaga darurat Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2022 di pimpin oleh inspektur upacara Dandim 0416 Bungo Tebo (Bute) Letkol Inf Arianto Maskare Subagio, di lapangan eks Mtq komplek perkantoran Kabupaten Tebo, Selasa (28/6/2022).

Apel siaga darurat Karhutla tersebut diawali dengan inspeksi pasukan oleh Dandim 0416 Bute di lanjutkan dengan penyampaian pidato dan penyerahan peralatan Karhutla.

Gelar pasukan Karhutla di hadiri Kapolres Tebo AKBP. Fitra Mega, Ketua DPRD Tebo, Mazlan, Kepala BPBD Sulaiman, Kadis Damkar, Zainuddin Abas, beberapa pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Tebo, Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan undangan lainnya.

Usai apel siaga darurat Karhutla, Kepala BPBD Tebo Sulaiman, S.Ag menjelaskan, bahwa instansi yang terlibat dalam apel tersebut ialah dari Kompi Brimob, Polres, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, Manggala Agni, DLH-Hub, Damkar Penyelamatan, Masyarakat Peduli Api (MPA), Polhut dan Tagana Dinsos-PPA, "urainya.

Landasan ditetapkannya siaga darurat Karhutla jelas Sulaiman adalah perintah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Keputusan Gubernur Jambi, tentang kedaruratan bencana Karhutla dan Surat Gub Jambi tentang apel siaga setelah itu Keputusan Bupati Tebo menetapkan status siaga darurat Karhutla selama 3 bulan.

Jika memungkinkan cuaca panas dan titik api semakin bertambah, status tersebut akan di perpanjang, "Sulaiman menegaskan.

Sulaiman melanjutkan, untuk saat ini di Kabupaten Tebo terdapat 48 titik api dan menurut pantauan dari BMKG sudah mencapai 50 titik api.

Sedangkan patroli Karhutla sebelum status siaga sudah diterapkan dan TRC BPBD sudah turun ke setiap perusahaan seperti Alam Bukit Tigapuluh (PT ABT) dan Lestari Asri Jaya (PT LAJ), "kata Sulaiman.

Sejauh ini dikatakan Kepala BPBD Tebo daerah rawan Karhutla di Kecamatan VII Koto dan Sumay, yang di dominasi oleh oknum yang membuka lahan dengan cara di bakar.

" Dengan ditetapkannya status siaga darurat Karhutla, Kepala Tebo mengimbau kepada masyarakat jangan membakar hutan dan lahan karena dapat dipidana kurungan dan denda yang sudah ditetapkan oleh , "tegasnya.

Sementara itu Dandim 0416 Bute Letkol Inf. Arianto Maskare Subagio berujar, penyebab terjadi kebakaran dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat saat membuka lahan dengan cara dibakar.

" Kita sudah sosialisasi ke masyarakat agar jangan membuka lahan dengan cara dibakar, masyarakat bisa lapor ke Pemerintah Desa, nanti bisa dipinjamkan alat berat untuk membuka lahan," kata Dandim.

Himbauan jangan membakar hutan sudah di terapkan oleh tim Satgas yaitu hukum pidana penjara dan denda jika kedapatan membakar hutan, "Dandim menegaskan. (ARD)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda