Catatan Kecil Kunker Presiden RI Joko Widodo Ke Jambi, April 2024 - Media Online : www.duasatu.net

Rabu, 03 April 2024

Catatan Kecil Kunker Presiden RI Joko Widodo Ke Jambi, April 2024

Dr Syamsu Rizal,SE, M.Si Ketua Forum Jambi Barat/foto: Istimewa 

TEBOJAMBI,DUASATU.NET- Kehadiran Presiden RI Pak Joko Widodo ke Jambi di bulan suci ramadhan ini merupakan berkah dan rahmat bagi Kabupaten yang di kunjunginya yaitu Kabupaten Bungo, Merangin dan Tebo,"ujar Ketua Forum Jambi Barat, Dr Syamsu Rizal, SE, M.Si, (Iday), (3/4/2024).

Meskipun rencana awal beliau juga akan berkunjung ke Kab Kerinci dan Kota Sungai Penuh,"lanjutnya.

Iday menyebutkan, dalam catatan sejarah Jambi pasca reformasi baru kali ini Presiden Kunker ke Kabupaten yang berada di wilayah Propinsi Jambi bagian barat.

" Lebih lanjut Iday memaparkan, kehadiran Presiden RI ke 7 ini tentu membawa berbagai program dan anggaran yang tentunya sangat di harapkan dapat mengangkat perekonomian masyarakat Jambi yang berada di wilayah Propinsi Jambi Bagian Barat. 

Dalam Kunker Presiden kali ini cukup istimewa bagi Propinsi Jambi karena langsung mendarat di Bandara Muara Bungo tanpa melalui Kota Jambi sebagai ibu kota Propinsi Jambi,"ungkap Iday.

Sebagai bagian dari elemen masyarakat Jambi wilayah Barat kami menaruh secercah harapan bahwa eksistensi cikal bakal berdirinya Propinsi Jambi Wilayah Barat yang terdiri dari Kab Bungo, Tebo, Merangin, Sarolangun, Kerinci dan Sungai Penuh

Secara Defakto perlahan-lahan tapi pasti mulai mendapat pengakuan bahwa pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Propinsi Jambi bagian barat membutuhkan sentuhan langsung dari Pemerintah Pusat. 

Secara implisit Kunker Presiden kali  ini khusus ke beberapa Kabupaten di Propinsi Jambi bagian barat bisa juga di maknai sebagai salah satu upaya pemerintah pusat untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi baru di Propinsi Jambi di wilayah bagian barat.

Dari sisi Sumber Daya Alam (SDA).Jambi Wilayah bagian Barat ini jauh lebih memiliki keunggulan komparatif dari berbagai aspek seperti Batu Bara, Emas, Biji Besi, Geopark Merangin dan lainnya.

Sebagai catatan kecil dari kami yang mempunyai mimpi besar kelak kemudian hari akan lahir Propinsi Jambi Wilayah Barat yang mampu menjadi Pusat Episentrum Pertumbuhan Ekonomi Baru yang harus kita wujudkan bersama tanpa menghilangkan hak-hak keperdataan maupun sejarah romantisme masa lalu sebagai satu kesatuan wilayah Propinsi Jambi.

Jadi dapat disimpulkan dari sisi aspek politis mendaratnya Presiden Joko Widodo di bandara Muara Bungo serta bermalamnya beliau di Muara Bungo merupakan salah satu pertanda/kode alam bahwa suatu saat nanti akan berdiri Propinsi Jambi Wilayah Barat dengan Ibukota Muara Bungo, Insyaallah.

Penulis: Dr. SYAMSU RIZAL, SE, M.Si
Ketua Forum Jambi Barat

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda